Care for ME!

setiap anak memiliki hak untuk memperoleh pengasuhan berkualitas


 
“Care for ME!, Quality Care for Every Child”
 
Di sejumlah negara terus terjadi peningkatan jumlah anak yang terpisahkan dengan keluarganya, baik itu sifatnya sementara atau permanen. Hal ini banyak terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia. Keterpisahan anak dengan keluarganya disebabkan oleh beberapa faktor seperti konflik yang berkepanjangan, HIV/AIDS, kemiskinan, penelantaraan, konflik keluarga, dan migrasi.
 
Di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian Sosial selama periode 2006 – 2009 terjadi kenaikan jumlah anak terlantar dari 2,8 juta menjadi 3,2 juta. Pada tahun 2011, meningkat kurang lebih  4,8 juta.  Angka ini terus melonjak hingga di akhir tahun 2013 mencapai angka 5,4 juta. Kondisi ini mendorong Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan yang berorientasi kepada peningkatan kemampuan dalam pengasuhan.
 
Sebagai organisasi non-profit yang memperjuangkan hak-hak dasar anak, SOS Children’s Villages berkomitmen mendukung berbagai upaya untuk memastikan anak-anak memperoleh haknya untuk pengasuhan yang berkualitas. Melalui kampanye global Care for ME!, Quality Care For Every Child, SOS Children’s Villages menyerukan pentingnya pengasuhan berkualitas bagi setiap anak.
 
Pengasuhan berkualitas menurut SOS Children’s Villages adalah sebuah konsep yang holistik, dimana hak anak yang tercantum di Konvensi Hak Anak (KHA) dan UN Guideline for the Alternative Care of Children benar-benar terimplementasikan. Mengacu pada dokumen PBB tersebut, SOS Children’s Villages meyakini bahwa setiap anak, baik yang tinggal dengan keluarga biologisnya ataupun dalam pengasuhan alternatif, memiliki hak yang sama untuk bisa merasakan hubungan yang positif, kuat, permanen, dan penuh kasih sayang yang dibutuhkan untuk pengembangan pribadinya secara utuh.
 
Inisiatif global Care For ME! dimulai sejak Desember 2012 lalu di beberapa negara antara lain Armenia, Colombia, Crotia,Hungary, Kenya, Kosovo, Lithunia, Nepal, Norway, dan Paraguay. Hingga 2014, Care For ME! telah digiatkan di 42 negara termasuk Indonesia.
 
Care For ME! & Program Jangka Panjang SOS Children’s Villages
Kampanye Care For ME! merangkum dua program besar yang dilakukan SOS Children’s Villages yakni pengasuhan berbasis keluarga (family-based care) dan program penguatan keluarga (family strengthening program). Untuk anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan baik karena orang tua meninggal dunia, faktor ekonomi maupun konflik rumah tangga yang menyebabkan anak-anak tidak memperoleh pengasuhan yang berkualitas, orang tua yang sedang terlibat kasus hukum sehingga tidak dapat mengasuh anak-anaknya, dan lain sebagainya, SOS Children’s Villages memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga. Melalui delapan desa anak (village) yang tersebar di Indonesia, SOS Children’s Villages berupaya menghadirkan kasih sayang keluarga. Hubungan emosional yang positif, kuat, dan permanen dan penuh kasih sayang ditumbuhkan melalui kehadiran ibu asuh dan hubungan adik-kakak yang terjalin di tiap-tiap rumah keluarga. Setiap rumah keluarga di village memiliki seorang ibu asuh yang mengasuh 8 hingga 10 anak. 
 
Sementara untuk mencegah kondisi terburuk yang dapat mengakibatkan terjadinya keterpisahan anak dengan orang tuanya, SOS Children’s Villages mengimplementasikan program penguatan keluarga. Kemampuan dan pemahaman orang tua dalam memberikan pengasuhan berkualitas ditingkatkan melalui kegiatan pengembangan ekonomi keluarga, parenting workshop, hingga konsultasi terkait parenting.
 
 
 
Tujuan
Melalui kampanye Care for ME! Quality Care for Every Child, SOS Children’s Villages ingin menginspirasi masyarakat, pemerintah dan lembaga terkait untuk melakukan perubahan jangka panjang dengan bertindak melawan kekerasan terhadap anak-anak yang berada di bawah pengasuhan keluarga biologis maupun alternatif serta memberikan dukungan terbaik bagi keluarga-keluarga yang beresiko terpisah dari anak-anak mereka.
Secara spesifik, inisiatif Care for ME! ditujukan untuk:
  • Mendorong implementasi UN Guideline for the Alternative Care of Children dalam kebijakan nasional terkait pengasuhan alternatif
  • Meningkatkan pemahaman masyarakat luas tentang pengasuhan alternatif dan konsep pengasuhan berkualitas
  • Terbentuknya jaringan untuk meningkatkan pengasuhan berkualitas di lembaga-lembaga pengasuhan alternative
 
 
 
Unduh beberapa publikasi:
  • Atas
  • Cetak